Mendiaknosis jaringan
WAN
MENDIAGNOSIS JARINGAN BERBASIS WAN
Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung
jaringan luas atau Wireless merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh
Administrator Jaringan/Teknisi.
Pekerjaan ini sangat memerlukan ketelitian dan
kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang baik. PC/Laptop yang
terhubung jaringan luas sering kali mengalami gangguan dan gangguan
maupun dari sisi hardware ataupun software. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengguna frekuensi atau gelombang 2,4Mhz, gejala alam dan PC/Laptop yang terhubung dalam sistem jaringanberbasis luas (wireless) atau WAN.
maupun dari sisi hardware ataupun software. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengguna frekuensi atau gelombang 2,4Mhz, gejala alam dan PC/Laptop yang terhubung dalam sistem jaringanberbasis luas (wireless) atau WAN.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan
dan kerusakan adalah :
Tegangan Listrik
Tegangan listrik dapat menyebabkan ganguan apabila
tegangan yang dihasilkan tidak stabil sering terjadi naik, turun atau mati
mendadak. Perangkat wireless yang kita gunakan seringkali mati mendadak karena
sumber listrik mati dan dapat menyebabkan wireless cepat rusak hal ini
sangatlah menggangu bagi kita. Sehinga akan mempengaruhi sebuah jaringan
apabila terjadi kerusakan pada wirelesss workstation maupun di rooter server.
apabila terjadi kerusakan pada wirelesss workstation maupun di rooter server.
Mati atau Tidak Berfungsinya Komponen pada perangkat
Wireless
Mati atau tidak
berfungsinya komponen pada perangkat wireless disebabkan karena ganguan alam
(petir, hujan, dan angin kencang) dapat menyebabkan perangkat akan terbakar
juga pemakaian yang terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.
Perangkat Software
Gangguan ini dapat
terjadi dari software yang ada diServer atau PC Client, gannguan ini bisa
disebabkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP ( Internet
Protocol ), dan tidak jalannya proses Proxy Server pada Server, dan masih
banyak lagi jenis ganguan software lainnya, solusinya yaitu Admin harus
menguasai standart Server dan Client,
Berikut
adalah cara pemeriksaannya :
·
Periksa
apakah kartu jaringan rusak secara fisik atau tidak
·
Periksa
apakah kabel sudah dipasang secara benar sesuai dengan prosedur
·
Periksa
apakah ada kerusakan pada Hub jaringan
·
Periksa
software jaringan
·
Periksa
apakah kartu jaringan sudah diaktifkan melalui bios
·
Periksa
driver untuk kartu jaringan apakah sudah terpasang
·
Periksa
apakah kartu jaringan sudah dikonfigurasikan IP-nya
Dengan melakukan
pemeriksaan tersebut maka kita bisa memilah jenis masalah yang timbul dan
melakukan trouble shootig berdasar jenis permasalahan yang muncul.
Supaya tidak terjadi
kerusakan saat pemakaian perangkat jaringan baik berupa hardware maupun
software maka kita perlu memperhatikan langkah isolasi kerusakan.
Berikut
adalah langkah isolasi kerusakan :
¤¤¤ Kerusakan Perangkat Keras (Hardware)
·
Sebelum
memasang perangkat jaringan, sebaiknya kita periksa secara cermat apakah terdapat
cacat secara fisik pada perangkat tersebut.
·
Bacalah
manual dari setiap perangkat untuk mengukur kemampuan kerja dari alat tersebut.
·
Jika
terdapat kerusakan pada alat, langsung lakukan penggantian alat.
·
Jangan
pernah memaksakan alat untuk bekerja melebihi kemampuan alat tersebut.
¤¤¤ Kerusakan Perangkat Lunak (Software)
·
Gunakan
driver perangkat jaringan yang sesuai, dan direkomendasikan oleh si pembuat
perangkat jaringan.
·
Jangan
pernah membiarkan PC/Laptop tanpa software anti virus, karena virus bisa
menyerang melalui jaringan dan bisa
mengganggu koneksi jaringan.
·
Gunakan
software supaya bisa monitoring kinerja jaringan untuk mendeteksi
permasalahankoneksi lebih dini.
Untuk menghindari kerusakan
yang lebih parah lagi baik hardware maupun software maka perawatan dan
pengawasan harus rutin diperlukan secara bekala.






0 komentar:
Posting Komentar